BATIN YANG TERLUKA



Keselamatan tidak secara otomatis memberikan kesehatan emosional, membuat kita memiliki suatu pandangan yang penting terhadap doktrin penyucian. Area kehidupan kita memerlukan kesembuhan yang khusus dari Roh Kudus.
Apa saja luka batin? Bisa saja perasaan tidak berharga, perasaan gelisah, tidak cakap dan rendah diri, dan contoh lainnya.

Orang yang sangat peka biasanya terluka begitu dalam. Ia berusaha mendapatkan kasih dan persetujuan dan penghargaan, tetapi ia mendapatkan sebaliknya, dan ada luka yang begitu besar di dalam dirinya. Kadang-kadang ia melihat hal-hal yang tidak dilihat oleh orang lain, dan cenderung untuk merasakan hal-hal yang tidak dirasakan oleh orang lain.

Orang-orang yang terlalu peka memerlukan banyak persetujuan. Yang Anda berikan tak akan pernah cukup. Dan kadang mereka tampak tidak begitu peka. Mereka terluka begitu parah sehingga bukannya menjadi peka, mereka menutupinya dengan menjadi keras, sulit. Mereka ingin membalas dan melukai orang lain. Tanpa mereka sadari, mereka menghabiskan hidupnya untuk menekan orang-orang di sekitar mereka. Mereka menggunakan uang atau kekuaaan atau jabatan atau seks atau bahkan khutbah untuk melukai orang lain.

Lalu ada juga orang-orang yang dipenuhi ketakutan. Mungkin yang paling banyak adalah takut melakukan kesalahan. Orang-orang yang penuh ketakutan adalah orang-orang yang kalah dan tidak tegas.

Apakah Injil punya pesan untuk berbagai macam orang yang terluka secara emosional ini?
Apakah Allah bisa memulihkan kita? Ya!

Roh Kudus akan menjadi rekan dan penolong kita, yang terus bekerja bersama dengan kita, untuk kesembuhan kita.

Prinsip-prinsip umum Alkitabiah untuk memperoleh kesembuhan luka batin:
1.       Hadapi persoalan Anda dengan jujur
2.       Terima tanggung jawab Anda dalam hal itu.
3.       Tanyalah diri Anda apakah Anda ingin disembuhkan.
4.       Maafkan semua orang yang terlibat dalam masalah Anda.
5.       Maafkan diri Anda sendiri.
6.       Mintalah Roh Kudus menunjukkan apa yang sebenarnya menjadi masalah Anda, dan bagaimana Anda harus berdoa.
Roh Kudus tahu bagian mana yang perlu diotak-atik. Kita tidak tahu apa yang harus kita doakan. Kita seringkali tidak menerima apa yang kita doakan, karena kita salah berdoa.

Resensi buku Pemulihan Luka-Luka Batin
Oleh David A. Seamands

Komentar

Postingan Populer