MEMULAI HIDUP BARU

(DISERTAI 7 BAHAN RENUNGAN UNTUK BELAJAR SAAT TEDUH)

A.      Memulai Hidup Baru

Pernahkan Anda mendengar bayi yang dibuang orang tuanya? Apa yang akan terjadi pada bayi itu? Ia akan kesepian, sakit, dan bahkan bisa meninggal. Sebab bayi yang baru saja lahir membutuhkan kehadiran orang tuanya. Ia membutuhkan kasih sayang dan pemeliharaan dari orang tuanya supaya ia bertahap hidup dan tumbuh dengan sehat.

Hal ini juga berlaku bagi anak-anak Allah. Anda sudah menerima Tuhan Yesus menjadi juru selamat secara pribadi berarti Anda telah dilahirkan kembali menjadi bayi normal (Yoh 1:12-13). Supaya bisa hidup normal dan tumbuh dengan sehat, Anda membutuhkan kasih sayang dan makanan rohani dari Allah. “Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehNya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan” (1 Pet 2:2).

Oleh karena itu, Anda membutuhkan waktu untuk bertemu denga Allah dan menikmati firman Tuhan. Waktu seperti itu sering dinamakan SAAT TEDUH atau WAKTU TEDUH. SAAT TEDUH adalah waktu yang Anda sediakan khusus untuk bersekutu dengan Tuhan secara pribadi. Di dalam SAAT TEDUH ini, Anda berbicara kepadanya dalam doa dan Tuhan berbicara kepada Anda melalui firmanNya.


B.      Cara Melakukan SAAT TEDUH: 

1.  Sediakan waktu secara khusus setiap pagi. Sebagai permulaan sediakan 10-15 menit saja. Apabila sudah terbiasa, Anda bisa menambahnya menjadi lebih lama.

2.    BERDOA

Anda bisa memuji Tuhan atau mengucap syukur untuk kebaikanNya. Kemudia berdoalah supaya Tuhan menolong Anda mengerti firman yang akan Anda baca.

3.   BACALAH FIRMAN TUHAN

Bacalah bagian Firman Tuhan yang ditentukan dengan teliti. Jangan tergesa-gesa kalau perlu bacalah 2-3 kali.

4.   RENUNGKAN FIRMAN TUHAN

Untuk merenungkan Firman Tuhan pakailah pertanyaan-pertanyaan berikut:

-          Apa yang saya baca?

Tentang Allah, gereja, keluarga, pelayanan hidup Kristen, dsb.

-          Apa yang saya dapatkan/pelajari?

Janji, teladan, peringatan, teguran, atau perintah?

-          Apa yang perlu saya lakukan/respons?

Berdoa, bersyukur, bertobat, memegang janji Tuhan, atau melakukan sesuatu? Ini disebut sebagai PENERAPAN.

Anda bisa memakai pertanyaan-pertanyaan di dalam buku ini CATATLAH semua hasil perenungan Anda ini.

5.  BERDOALAH

Bersyukur untuk pengertian yang Anda dapat. Doakan PENERAPAN Anda dan semua kegiatan yang akan Anda lakukan pada hari itu.

(Sumber: Buku Memulai Hidup Baru)

Download Bahan Saat Teduh 

Komentar

Postingan Populer